Apa Itu Hibernasi Aplikasi dan Dampaknya Terhadap Android

 Aplikasi

Banyak dari pengguna smartphone yang mungkin sering mendengar istilah hibernasi aplikasi, namun apa sih pengertian dari hibernasi aplikasi pada android?. Hibernasi aplikasi adalah suatu proses untuk melakukan penghematan daya baterai dengan menon-aktifkan aplikasi yang berjalan pada backgruond. Beberapa aplikasi pada android akan terus berjalan tanpa kita membukanya, hal ini tentu akan membuat android terus bekerja tanpa kita sadari. Selain itu, aplikasi yang berjalan tersebut juga akan memakan kapasitas RAM yang ada pada smartphone.
Menghemat Baterai Android

Menghemat Baterai Dengan Hibernasi Aplikasi

Salah satu manfaat dan fungsi dari hibernasi aplikasi adalah untuk menghemat baterai. Seperti kita ketahui, setiap aplikasi yang berjalan akan membuat kapasitas baterai menjadi berkurang. Jika hanya satu atau dua aplikasi, mungkin ini tidak akan terasa pengaruhnya. Namun jika banyak aplikasi yang bekerja secara bersamaan, tentu ini akan sangat menguras baterai smartphone anda. Mematikan aplikasi yang tidak perlu adalah salah satu solusi awal untuk menghemat baterai anda. Namun sebagian pengguna terkadang tidak sadar bahwa aplikasi tersebut akan tetap berjalan meski sudah di close.

Untuk benar-benar menonaktifkan sebuah aplikasi pada perangkat android adalh dengan cara melakukan Force Stop/menghetikan secara paksa. Menu Force Stop ini biasanya dapat anda temukan pada pengaturan aplikasi pada perangkat android anda. Jadi anda dapat mematikan aplikasi apa saja yang tidak anda inginkan secara manual. Namun jika anda tidak ingin direpotkan dengan hal tersebut, anda dapat mendownload sebuah aplikasi untuk melakukan tugas tersebut.

aplikasi greenify penghemat baterai

Aplikasi Untuk Hibernasi

Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi yang bisa melakukan hibernasi dan penghematan baterai, namun kebanyak aplikasi tersebut membutuhkan akses lebih terhadap smartphone anda (harus di Root). Salah satu aplikasi yang alayak anda coba adalah Greenify yang dapat anda download secara gratis melalui playstore. Kabar baiknya, aplikasi ini tidak membutuhkan Root untuk dapat berjalan pada android anda. Seperti di kutip dari laman play store,

Never should your phone or tablet become slower and battery hungrier after lots of apps installed. With Greenify, your device can run almost as smoothly and lastingly as it did the first day you had it!

Greenify help you identify and put the misbehaving apps into hibernation when you are not actively using them, to stop them from lagging your device or leeching the battery, in a unique way! They can do nothing without explicit launch by you or other apps, while still preserving full functionality when running in foreground.

Secara grais besar, Greenify akan mengidentifikasi aplikasi ‘nakal’ kedalam mode hibernasi saat anda tidak menggunakannya.

Cara Menggunakan Greenify :

  • Pastikan Versi Android anda kompatibel.
  • Unduh Greenify pada Playstore.
  • Jalankan aplikasi Greenify.
  • Tambahkan aplikasi yang akan di hibernasi dengan tab icon “+”.
  • Silahkan tambahkan aplikasi mana yang akan anda hibernasi (pastikan bukan aplikasi penting).
  • Tab icon “Zzz”, maka anda akan di bawa ke aksesibilitas dan aktifkan Greenify.
  • Setelah itu pilih opsi “Membuat jalan pintas hibernasi”.
  • Pada menu pojok atas kanan dan pilih tindakan “Hibernasi + Kunci layar”.
  • Setelah itu kembali ke menu utama dan pilih widget “Hibernasi + Kunci layar”.
  • Maka anda akan di suruh mengaktifkan mode administator dan aktifkan.
  • Selesai.

Kelemahan Dari Hibernasi Aplikasi

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan hibernasi pada aplikasi, pastikan anda sudah memahami efek yang akan ditimbulkan dari aktifitas tersebut. Hibernasi aplikasi berarti mematikan secara total aplikasi yang berjalan pada background saat tidak digunakan. Oleh karena itu, beberapa dampak berikut akan anda alami ketika melakukan hibernasi aplikasi yaitu:

1. Kehilangan Notifikasi

Notifikasi menjadi sebuah penanda bahwa sedang ada aktifitas yang terjadi pada aplikasi tersebut. Salah satu jenis aplikasi yang paling rajin memberi notifikasi adalah aplikasi sosial media dan Chating seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp. Dengan meakukan hibernasi pada aplikasi ini, tentu saja akan membuat aplikasi terhenti dalam memberikan update yang ada.

Setelah aplikasi dihibernasi, maka semua aktivitas maupun fungsi dari aplikasi tersebut akan berhenti. Aplikasi akan diam dan tidak lagi berjalan di latar belakang. Termasuk jika ada notifikasi yang masuk pada aplikasi pun tidak akan sampai.

2. Aplikasi Tidak Bekerja Secara Sempurna

Semua fungsi dari aplikasi seperti menerima notifikasi, melakukan update, sinkronisasi kontak dll tidak akan berjalan sebagaimana mestinya ketika hibernasi. Bisa dikatakan jika segala aktivitas aplikasi yang berjalan secara otomatis akan terhenti sepenuhnya. Hibernasi juga dapat mencabut permintaan aplikasi yang sudah dibuat terhadap sistem, dan membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan. Namun anda akan kehilangan fitur otomatis dari aplikasi tersebut, sampai anda mengaktifkannya kembali.

3. Hubungan Aplikasi Terputus

Beberapa aplikasi dibuat saling terhubung satu sama lainnya. seperti aplikasi messenger yang akan berjalan ketika ada apikasi facebook. Ini berarti saat anda membuka Messenger, maka aplikasi Facebook juga akan terbuka di background tanpa anda sadari. Nah hubungan antar aplikasi seperti ini akan terputus jika ada salah satu aplikasi yang di hibernasi.

4. Mengganggu Kinerja Android

Nah untuk yang satu ini, hibernasi bisa saja mengganggu bahkan merusak perangkat lunak dari smartphone anda. Hal ini dapat terjadi ketika anda melakukan hibernasi terhadap aplikasi yang termasuk kedalam sistem vital android. Misalnya saja aplikasi SmsPush yang digunakan sebagai server SMS pada smartphone anda. jika anda hibernasi aplikasi ini, maka bisa dipastikan anda tidak akan bisa menerima dan mengirim sms pada perangkat android anda.

Author: 

No Responses

Comments are closed.